Nakes Diberi Booster Vaksin Moderna, Sinovac Gagal? Begini Jawaban Prof Wiku

Nakes Diberi Booster Vaksin Moderna, Sinovac Gagal? Begini Jawaban Prof Wiku

JAKARTA – Tenaga kesehatan (Nakes) mendapatkan booster vaksinasi ketiga dengan vaksin covid 19 Moderna. Apakah Sinovac gagal dalam memberikan perlindungan dari varian delta di Indonesia?

Apakah masyarakat juga akan mendapatkan vaksin booster atau ketiga? Pernyataan tersebut dilontarkan Voice of America dalam sesi konferensi pers Satgas Covid-19, yang diikuti secara virtual oleh radarcirebon.com, Kamis (15/7/2021).

Juru Bicara Satgas Covid 19, Prof Wiku Adisasmito menepis vaksin Sinovac gagal. Menurutnya, untuk masyarakat, untuk saat ini 2 kali dosis vaksin sudah cukup untuk menimbulkan antibodi.  

“Studi ilmiah menyatakan, rata-rata antibodi bisa bertahan bulanan maupun tahunan,” kata Prof Wiku, dalam siaran pers virtual tersebut.

Disampaikan dia, WHO juga menyatakan bahwa keberadaan vaksin covid-19 masih penting dalam meminimalisir gejala yang dialami.

Kemudian, dari hasil studi menyatakan bahwa pada pasien yang sudah divaksinasi dan positif covid-19, ternyata dapat mengurangi terjadinya mutasi virus.

Dengan demikian, vaksinasi juga berfungsi meminimalisasi munculnya varian baru covid-19.

“Pemerintah tetap fokus pada vaksinasi, sehingga kekebalan komunitas dapat tercapai pada akhir tahun nanti,” kata Prof Wiku menutup penjelasannya. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: